Kesalahan Membuat Kandang Ayam Closed House

Kesalahan Membuat Kandang Ayam Closed House

Kesalahan Membuat Kandang Ayam Closed House

Kesalahan Membuat Kandang Ayam Closed House – Sektor usaha perunggasan seperti peternakan ayam saat ini memang sulit ditemui. Akan tetapi, sektor usaha ini juga menjadi hal yang paling banyak dicari. Mengapa demikian?

Permintaan pasar terhadap kebutuhan daging dan telur ayam menjadi penyebab utamanya. Setiap tahunnya, permintaan pasar akan kebutuhan daging dan telur ayam ini mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan daging dan telur ayam menjadi salah satu bahan olahan pangan yang tidak sulit untuk ditemui. Permasalahannya adalah peternak ayam saat ini semakin berkurang dan belum merata, begitupun dengan kondisi di Indonesia.

Baca Juga : Kesalahan Kandang Ayam DOC yang Sering Dilakukan Peternak

Dengan kekurangan ini tentu diharapkan akan muncul peternak-peternak baru yang mau berinvestasi di bidang usaha peternakan ayam. Sudah mulai masuknya ayam impor Brazil yang beberapa saat lalu kembali muncul ke permukaan, banyaknya peternak akan mempermudah permintaan konsumen terhadap ayam telur dan daging.

Salah satu langkap awal yang harus dilakukan oleh para peternak baru maupun peternak senior yang sudah berkecimpung di dunia peternakan, memilih kandang ayam terbaik adalah salah satu hal yang dianggap sebagai penentu kebehasilan dalam beternak.

Kandang ayam itu sendiri dapat dilihat dari jenisnya yang dapat dibedakan berdasarkan tipe dinding, bentuk lantai, tipe pada atap dan cara pemeliharaannya. Jenis kandang berdasarkan tipe dinding dapat dibedakan menjadi kandang terbuka (Open House),Kandang semu tertutup (semi closed house), dan kandang tertutup (Closed House). Saat ini, kandang ayam tertutup (Kandang Ayam Closed House)

Memilih Kandang Ayam Terbaik dengan sistem terbuka merupakan kandang yang dindingnya terbuka dan biasanya terbuat dari kayu atau bamboo. Sedangkan kandang dinding tertutup atau yang biasa dikenal kandang closed house biasanya terbuat dari bahan-bahan permanen dengan didukung oleh sentuhan teknologi tinggi.

Meskipun kandang closed house ini memiliki dirancang dengan sentuhan teknologi tinggi, kesalahan dalam konstruksi bisa berakibat fatal yang tentu akan berujung adanya kerugian bagi peternak. Tidak hanya bagi peternak tetapi juga akan berakibat fatal pada ayam. Berikut adalah beberapa kesahalan dalam membuat kandang ayam closed house yang tidak bisa disepelekan.

Kesalahan Membuat Kandang Ayam Closed House

Sirkulasi Udara yang tidak merata

Efek dari perbedaan kecepatan angin berpengaruh pada suhu efektif yang dirasakan ayam. Perlu diwaspadai adanya turbulance (aliran udara berputar). Aliran angin ini dapat mendongkrak litter sehingga amoniak dan debu naik ke atas. Tidak meratanya sirkulasi udara tentu akan membuat suhu didalam kandang menjadi naik dan akan berpengaruh terhadap kenaikan tingkan stress ayam itu sendiri.

Area Mati

Ditandai dengan aliran angin yang sangat minim, sehingga membuat litter basah, lembab, dan beramoniak tinggi. Untuk menghindari area mati pada kandang ayam closed house, maka diperlukan bentuk kandang yang proporsional. Sehingga udara yang ditarik masuk tersebar secara merata.

Lubang

Pada kandang sistem closed house, udara yang masuk hanya melalui cooling pad, jika terdapat lubang yang bisa dimasuki udara, hal ini dapat mengakibatkan tidak optimalnya kandang closed house. Lubang yang ada nantinya akan mengganggu proses sirkulasi udara di dalam kandang dan akan mengganggu ayam-ayam ternak yang ada di dalam kandang.

Kendala Lingkungan

Akibat tidak maksimalnya sistem kandang closed house, tentunya akan mengakibat bau pada lingkungan sehingga akan menjadi kendala bagi peternak. Kandang ayam sistem closed house ini dirancang agar tidak memengaruhi lingkungan dengan bau yang dihasilkan. Maka dari itu kandang jenis ini terus disempurnakan untuk menyeimbangkan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran akibat dari sumber bau yang dihasilkan oleh ayam ternak yang ada di dalam kandang.
Sumber: Google

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hubungi Kami