Memilih Kandang Closed House Untuk Peningkatan Omzet

Memilih Kandang Closed House

Memilih Kandang Closed House Untuk Peningkatan Omzet

Memilih Kandang Closed House – Daging ayam saat ini menjadi komoditas yang paling dibutuhkan pada kalangan konsumen. Daging ayam yang menjadi sumber protein ini menjadi paling dicari karena selain harganya yang cukup terjangkau, juga tergolong mudah diolah untuk berbagai jenis olahan makanan.

Baca Juga : Kandang Ayam Terbaik Untuk Usaha Ternak

Menurut BPS (Badan Pusat Statistik), permintaan daging ayam selalu mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Terlebih jika mendekati hari raya seperti Idul Fitri, Natal, dan libur akhir tahun seperti Tahun Baru yang permintaanya bisa melonjang secara drastis hingga puluhan persen. Meskipun permintaannya cukup tinggi, d sisi lain supply daging ayam memiliki peningkatan yang tidak terlalu signifikan. Menurut data yang dihimpun dari BPS, selama 10 tahun kebelakang ini peningkatan produksi daging ayam yang angkanya berada di angka 7%. Menurut angka tersebut, artinya masih cukup banyak peluang bagi pengusaha, khususnya peternak untuk memenuhi pemintaan pasar ini.

Jika melihat angka yang dikeluarkan oleh BPS tersebut, dengan kata lain peluang untuk menjadi pengusaha atau peternak ayam masih sangat luas dan terbuka lebar. Usaha peternakan juga menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit jika memang pengelolaannya dilakukan dengan baik. Kandang yang bagus, dan didukung dengan sistem manaemen yang baik akan menghasilkan rata-rata 6-8 kali panen per tahun.

Secara hitungan sederhana kita ambil contoh, misalnya kandang yang digunakan memiliki kapasitas 10.000 ekor ayam, berarti jika7 kali panen maka pertahun akan menghasilkan minimal 70.000 ekor. Jika diasumsikan berat rata-rata per ekor 2kg dan harga ayam/kg di pasaran sekitar Rp.32.000, maka omzet kotor yang akan didapat peternak bisa mencapai 4,5 miliar/ tahun, atau sekitar 375jut/ bulan.

Kandang ayam closed house ini merupakan salah satu kandang ayam yang dilihat dari jenis dan tipe dindingnya. Kandang closed house merupakan kandang yang didukung oleh teknologi tinggi dengan banyak keunggulan yang ada.

Memilih kandang closed house ini merupakan pilihan tepat jika anda memang ingin menjadi peternak ayam dengan minim ke khawatiran. Kandang closed house ini memiliki banyak keunggulan yang ada seperti;

  1. Standar Mutu Baja SNI

Standar mutu baja yang digunakan untuk sebuah kandang ayam harus sesuai dengan Mutu Baja SNI. Kandang yang menggunakan baja yang sesuai SNI sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya karena melewati beberapa tahap uji coba hingga sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Dalam memilih kandang closed house anda juga harus memperhatikan standar mutunya.

  1. Struktur Lebih Ringan

Dengan penggunaan rangka baja ringan dalam pembangunan kandang ayam membuat bangunan kandang memiliki struktur yang lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan struktur rangka dari baja maupun kayu.

  1. Konstruksi Baja Anti Karat

Baja ringan yang digunakan merupakan baja anti karat yang dilapisi coating zinc dan ada juga yang dilapisi alumunium.

  1. Kerapihan dan Presisi Tinggi

Proses yang dilalui ini sudah melalui beberapa tahapan yang dimulai dari pendesainan, proses pemotongan di pabrik, hingga pemasangan di lapangan. Proses yang sudah dilalui ini akan membuat pengerjaan di lapangan menghasilkan tingkat kerapihan dan presisi yang tinggi

  1. Ayam Lebih Sehat, Nyaman, dan Tenang

Ayam yang sehat di kandang tentu akan menambah hasil dari panen nantinya. Maka dari itu diperlukan kondisi kandang ayam yang nyaman dan tenang didukung dengan kondisi lingkungan di dalam kandang yang sehat dengan sirkulasi udara yang baik.

  1. Mengatur Sirkulasi Udara, Suhu, dan Kelembapan

Kandang dinding tertutup tentu membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk mengatur suhu dan kelembapan yang bisa di sesuaikan. Cooling pad menjadi pilihan untuk membuat sirkulasi udara di kandang itu semakin baik yang tentunya akan membuat kondisi ayam di dalam kandang lebih baik

  1. Hemat Energi

Konsep hemat energy yang ditawarkan ini menjadi konsep yang belum ada dari produsen kandang ayam lainnya. Mesikpun banyak menggunakan teknologi, penggunaannya tidak akan menambah beban pengeluaran pada energy yang ada di kandang.

  1. Biaya Operasional Rendah

Efisiensi biaya yang rendah membuat para peternak bisa dengan fokus untuk mengembangkan usaha ternakny karena biaya operasionalnya yang rendah.

  1. IP Akhir Tinggi

Index Performance menjadi sebuah hasil yang bisa menentukan keberhasilan dari suatu usaha, terutama peternakan. Sehingga dibutuhkan IP akhir yang tinggi untuk mencapai target saat panen.

  1. Produktifitas Meningkat

Dengan didukung oleh teknologi, kenyamanan, dan pola pemberian makan ternak yang teratur akan membuat produktifitas ayam meningkat karena di dalam kandang kondisi ayam lebih banyak yang sehat.

  1. Mortality Sangat Rendah

Mortality merupakan saka angka kematian dari ayam ternak itu sendiri. Semakin rendah nilai mortalitynya maka akan semakin tinggi dan meningkat tingkat produktifitasnya

  1. Kebocoran Minimal

Untuk mendukung angka produktifitas yang tinggi dengan mortality rendah, atap kandang ayam harus di rancang kokoh untuk melewati berbagai rintangan dari cuaca. Dengan atap yang kokoh akan meminimalisir kebocoran.

  1. Garansi Desain Struktur 10 Tahun

Garansi menjadi salah satu jaminan yang cukup penting untuk mendukung usaha anda. Dengan jangka waktu garansi yang cukup panjang, anda tidak perlu khawatir saat menjalankan bisnis.

  1. Kapasitas Lebih Besar & Tahan Lama

Dengan 3 tipe pilihan dan dapat menampung hingga 60.000 lebih ekor ayam maka sudah dapat dipastikan bahwa kandang ayam yang dipilih ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan memiliki kekuatan yang tahan lama

  1. Free Maintenance

Ke khawatiran dari pengusaha yang sering muncul adalah soal perawatan. Hal ini akan mengakibatkan bertambahnya pengeluaran untuk sekali perawatan. Maintenance ini menjadi keuntungan jika anda memilih kandang ayam closed house ini.

  1. Mudah di Bongkar Pasang & Customized

Selain perawatan, kekhawatiran selanjutnya adalah bagaimana jika ingin mengembangkan usaha yang sudah ada. Hal ini juga dapat mengakibatkan akan keluarnya biaya extra jika anda ingin melakukan renovasi. Tidak perlu khawatir renovasi secara keseluruhan, karena kandang ayam starcon dapat di bongkar pasang dan customized.

Memilih kandang closed house mendukung anda untuk memulai usaha peternakan ayam yang saat ini masih banyak dicari dan terus meningkat produksinya. Memilih kandang closed house juga harus diikuti dengan manajemen yang baik agar usaha anda tidak mengalami kerugian yang cukup tinggi.

Sumber: Google

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami