Untuk Apa Kandang Ayam Model Tertutup?

Untuk Apa Kandang Ayam Model Tertutup?

Untuk Apa Kandang Ayam Model Tertutup?

Kandang Sistem Terbuka (Open House System)

Kandang sistem terbuka mempunyai dinding yang terbuka. Pada umumnya dinding terbuat dari kayu dan bambu. Dengan dinding yang terbuka cenderung memiliki sirkulasi udara yang terlalu bebas. Mengakibatkan ternak dapat terpapar udara bebas, tidak terlindung dari panas, dingin, angin, hujan, kondisi lingkungan sekitar. Akibatnya ternak dengan kandang terbuka rawan terhadap berbagai penyakit dan mudah tersebar.

Baca Selengkapnya tentang Baja Ringan Gigasteel

Kandang terbuka tidak memiliki bio-security, sehingga tidak melindungi dan membatasi ternak dari kontak dengan dunia luar, baik itu manusia, bakteri, virus, maupun ancaman hewan liar.

Umur bangunan tergolong pendek dan membutuhan biaya pergantian rutin terhadap material yang sudah tidak layak. Dari sisi efisiensi tenaga kerja dan penggunaan pakan tidak efisien. Performance yang dicapai umumnya kurang baik-sedang.

Kandang sistem terbuka tidak sesuai lagi dengan perkembangan mutu genetic ayam ras saat ini, yakni ayam dengan strain-strain modern dengan tingkat pertumbuhan yang cepat bila dibandingkan dengan strain-strain ayam tempo dulu.

Sementara itu, pengetahuan sebagian peternak akan pentingnya kesehatan lingkungan untuk meningkatkan kesehatan pribadi juga meningkat.

Kandang Sistem Tertutup (Closed House)

Kandang tertutup biasanya terbuat dari bahan-bahan permanen maupun bahan tahan lama dan didukung teknologi terkini, dilengkapi dengan plafon, sistem insulasi, ruang service area, dan dock house.

Kandang tertutup harus sanggup mengeluarkan kelebihan panas, kelebihan uap air, gas-gas yang berbahaya seperti CO, CO² dan NH3 yang ada di dalam kandang. Dengan kandang tertutup menawarkan sirkulasi udara yang nyaman. Peternak dapat mengatur suhu udara yang diinginkan menggunakan berbagai peralatan yang terdapat di dalam kandang.

Kandang model tertutup bertujuan untuk meminimalisir kontak antara ayam dengan kondisi lingkungan di luar kandang. Tujuan pembangunan kandang sistem tertutup adalah menciptakan lingkungan ideal dalam kandang, meningkatkan produktivitas ayam, efisiensi lahan dan tenaga kerja serta menciptakan usaha peternakan yang ramah lingkungan.

Baca Selengkapnya tentang Baja Ringan Gigasteel

Table Perbandingan Kandang Closed House vs Kandang Open

Keterangan Closed House Open House
Konstruksi bahan kandang Tahan lama Umur pendek
Cuaca Tidak berpengaruh Sangat berpengaruh
Kepadatan 14-15 ekor/m2 7-8 ekor/m2
Temperatur efektif Bisa diatur sesuai kebutuhan hidup ayam Tidak bisa diatur
Stress lingkungan Tidak berpengaruh Sangat berpengaruh
Keseragaman Bagus Kurang bagus
Pencahayaan Merata Tidak merata
Bio-security Mudah dikontrol Sulit dikontrol
Efisiensi Tinggi Rendah
Harga pokok produksi (HPP) Rendah Tinggi
Performance Baik-Sangat baik Kurang baik-Sedang

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hubungi Kami