Cara Ampuh Mengatasi Layar LCD HP Bergaris Horizontal atau Vertikal Warna-warni

Cara Ampuh Mengatasi Layar LCD HP Bergaris Horizontal atau Vertikal Warna-warni – Review tips smartphone kali ini tentang mengatasi hp bergaris horizontal dan vertikal. Juga, biasanya ada garis-garis pada LCD, seperti hijau, putih dan lain-lain. Layar ponsel yang belang memang sangat mengganggu setiap melihat layar ponsel.

Tentunya jika jumlah garis horizontal atau vertikal yang keluar semakin banyak tentu akan mengganggu saat kita mengoperasikan smartphone, saat bermain game atau membuka aplikasi. Jika ini terjadi pada layar ponsel Sobat, maka Sobat perlu tahu cara menangani ponsel bergaris horizontal.

Tidak perlu mengganti layar LCD terlebih dahulu dan Sobat bisa mencoba cara yang disajikan nanti. Tentunya Sobat paham bahwa mengganti layar LCD tidaklah murah dan bisa membebani pemiliknya setengah harga ponsel.

Hampir semua tipe HP bisa mengalami goresan horizontal atau vertikal. Tidak masalah LCD jenis apa yang rusak, itu adalah layar sentuh OLED, AMOLED, atau super AMOLED. Jika cara ini berhasil menghilangkan garis horizontal pada LCD, maka langkah selanjutnya adalah mencegah penyebab kerusakan yang sama pada LCD HP Sobat.

Simak dulu: Alternatif Subscene 10+ Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik

Menurut pengalaman kami, layar hp bergaris disebabkan oleh kerusakan pada sistem komponen hp tersebut. Bisa LCD nya ataupun softwarenya yang sudah rusak.

Berikut beberapa cara yang bisa Sobat praktikkan untuk mengatasi solusi layar yang muncul garis horizontal dan vertikal.

1. Menggunakan Aplikasi Penghilang Garis

Metode pertama yang bisa diterapkan untuk menghilangkan garis horizontal atau vertical warna-warni yang ada di layar HP adalah menggunakan aplikasi khusus penghilang garis.

Ada banyak pilihan tentang aplikasi tersebut dan salah satu yang paling terkenal adalah aplikasi Dead Pixel Detect and Fix.

Langkah-langkah menggunakannya sebagai berikut.

Fix Dead Pixel Detect /Stuck Pixel Fixer Tool 2018 untuk Android - Muat Turun APK
  • Download dan install aplikasi Dead Pixel Detech and Fix melalui Play Store.
  • Setelah install selesai, silahkan Sobat buka aplikasinya.
  • Selanjutnya Sobat tinggal mengikuti petunjuk aplikasi, diantaranya dengan memilih opsi Check Dead Pixel lalu dilanjutkan dengan opsi Fix Dead Pixel.

Kemudian tunggu aplikasi menyelesaikan tugasnya.

Sebenarnya masih banyak kegunaan lain yang serupa. Sobat dapat mencobanya jika Sobat tidak tertarik dengan aplikasi ini.

2. Restart HP, Lalu Masuk ke Safe Mode

Cara mengatasi LCD HP dengan garis horizontal/vertikal warna warni atau bahkan berkedip adalah dengan masuk ke Safe Mode atau Safe Mode.

Munculnya garis warna-warni di layar ponsel terkadang disebabkan oleh kontribusi berbagai aplikasi yang Sobat instal di perangkat.

Nah, jika Sobat masuk ke Safe Mode dan garis pada layar LCD ponsel adalah hasil dari aplikasi pihak ketiga yang telah Sobat instal, itu akan mudah ditemukan.

Karena di sistem safe mode hanya aplikasi sistem (aplikasi hp stSobatr) yang bisa berjalan disana.

Untuk masuk ke Safe Mode di ponsel Android, Sobat dapat melakukan hal berikut:

  • Tekan tombol power selama beberapa detik, sampai hp mati.
  • Kemudian tekan tombol Power sedikit lebih lama.
  • Sampai muncul notifikasi untuk melakukan restart ke Safe Mode. Silahkan tekan OK untuk melanjutkan.
  • Jika dengan cara tersebut tidak membuat hp Sobat masuk ke Safe Mode. Nonaktifkan kembali hp, lalu aktifkan kembali dengan menekan tombol Power dan Volume Bawah. Lalu pilih Safe Mode.
  • Setelah proses restart selesai, maka sekarang hp Sobat berada pada tampilan Safe Mode.

Nah, jika LCD ponsel Sobat tidak dalam mode aman, Sobat dapat bertaruh bahwa penyebabnya adalah aplikasi yang baru saja Sobat instal.

Untuk itu, uninstall atau uninstall aplikasi penyebab layar ponsel belang dari smartphone Sobat.

3. Menonaktifkan Show Pointer Location pada Opsi Developer

Cara ketiga untuk memperbaiki ponsel berpita horizontal dan vertikal adalah dengan menonaktifkan Show Pointer Location melalui Opsi Pengembang (Developer Options).

Menampilkan lokasi pointer merupakan indikasi lokasi pointer pada layar HP dalam bentuk crosshair.

Menonaktifkan lokasi penunjuk dapat dilakukan melalui fitur Opsi Pengembang. Langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Masuk ke bagian Pengaturan atau Settings.
  • Buka About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Ketuk pada bagian Build Number sebanyak 7 kali secara cepat, hingga muncul pengaturan berupa Opsi Pengembang.
  • Buka Opsi Pengembang atau Developer Option
  • Temukan opsi Show Pointer Location atau Tampilan Penunjuk, lalu nonaktifkan.
  • Maka sesaat kemudian garis horizontal atau vertical di layar smartphone Sobat akan menghilang secara otomatis.

Baca Juga: Cara Mudah Blokir Nomor di hp Android Menggunakan CM Security

4. Nonaktifkan Fitur Smart Sidebar

Cara lain untuk menangani garis horizontal atau vertikal adalah dengan menonaktifkan fitur Smart Sidebar.

Peran fitur Smart Sidebar adalah untuk memudahkan pengguna smartphone dengan sistem operasi Android menjalankan aplikasi multitasking.

Untuk menonaktifkan fitur Smart Sidebar saat berhadapan dengan ponsel dengan garis warna-warni, Sobat dapat melakukan hal berikut:

  • Buka Pengaturan yang ada di aplikasi dan cari menu Kepraktisan Pintar.
  • Tap pada bagian opsi Smart Sidebar.
  • Sisanya hanya perlu melakukan nonaktif pada smart assistant.
  • Selesai.

Fitur Smart Sidebar ini jarang digunakan oleh pengguna smartphone. Mengingat kegunaan fungsi-fungsi yang tidak begitu mendesak dan penting.

Menonaktifkan fitur ini tidak akan berdampak negatif pada smartphone dan bahkan dapat membantu smartphone untuk menghemat lebih banyak baterai, selain menggunakannya untuk menghilangkan garis horizontal pada ponsel.

5. Tekan Layar ke Bawah dengan Kuat

Jika smartphone Sobat terjatuh dari ketinggian, tiba-tiba muncul garis di layar ponsel, maka ada kemungkinan konektor LCD bergerak sedikit atau tidak pada tempatnya.

Jika ini terjadi, Sobat bisa memperbaikinya sendiri, caranya cukup mudah kok.

6. Reset HP / Factory Reset

Benarkah Fitur Factory Reset Bisa Membuat Kinerja Ponsel Lebih Ngebut? - News+ on RCTI+

Langkah ekstrim yang bisa Sobat coba untuk mengatasi layar HP dengan garis-garis hijau, putih, merah atau warna-warni dalam posisi horizontal atau vertikal adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset pada ponsel.

Cara ini paling mudah dilakukan. Hanya saja dengan mereset ponsel (memformat ponsel kembali ke pengaturan pabrik), semua data, aplikasi dan pengaturan pada ponsel Sobat akan terhapus.

Bagi Sobat yang tidak ingin mengambil risiko terlalu jauh terkait data penting di perangkat smartphone, ada baiknya Sobat menghindari cara ini.

Akhir Kata

Sobat dapat menerapkan cara memperbaiki layar ponsel bergaris horizontal / vertikal berwarna-warni di atas ke semua ponsel android. Mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Vivo, Huawei, Xiaomi, Realme, Redmi, Advan, Asus Zenfone dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi LCD HP dengan garis horizontal/vertikal warna warni. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil ya Sobat Starcon.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.