Cara Ubah DPI HP Android Tanpa Root Tanpa Opsi Pengembang

Cara Ubah DPI HP Android Tanpa Root Tanpa Opsi Pengembang – Pernahkah Anda berpikir untuk mengubah DPI ponsel Android Anda? Nah, beberapa orang selalu ingin mengubah DPI ponsel Android mereka, baik itu Xiaomi, Samsung atau lainnya.

Designing for multiple screen densities on Android | by Maret Idris  #BlackLivesMatter | Prototypr

Sayangnya untuk ponsel dengan Android tipe 7 ke bawah, tidak ada pengaturan perubahan DPI di opsi pengembang. Sedangkan untuk Android 8 ke atas, sudah memiliki pengaturan DPI di opsi pengembang, yang memudahkan untuk mengubah DPI tanpa ROOT. Tenang saja di artikel saya kali ini kita akan membahas cara merubah DPI Android 7 ke bawah tanpa developer option dan tanpa ROOT.

Manfaat mengubah DPI antara lain membuat layar lebih lebar, dan bermain game seperti Free Fire akan meningkatkan fluiditas atau sensitivitas, sehingga memudahkan Anda untuk mengambil headshot. Jadi jika Anda ingin mengubah DPI ponsel Android tanpa root, ikuti panduan sederhana di bawah ini.

Cara yang akan saya jelaskan disini membutuhkan PC, jadi jika tidak punya PC bisa pinjam dulu ke teman, atau bisa ke warnet sebentar. Karena metode ini cukup singkat, hanya membutuhkan waktu 5 menit (jika Anda tidak memiliki masalah).

Cara Mengubah DPI Ponsel Android Tanpa Root:

Baca tutorialnya baik-baik, jika masih ragu bisa bertanya kepada teman-teman yang ahli dalam menggunakan handphone, dan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

Pertama-tama, Anda perlu menginstal ADB di PC Anda. Cara terbaik untuk menginstalnya adalah dengan menggunakan “ADB.installer”. Unduh di sini. Di sana Anda akan menemukan semua petunjuk untuk menginstal ADB.

Sekarang aktifkan USB debugging di ponsel Anda; Pengaturan-> Pilih Tentang telepon -> Cari “Build number” atau “build number” atau “MIUI version” dan klik sekitar 7 kali, hingga muncul tulisan “You are now a developer”. Kembali ke halaman pengaturan dan cari Opsi Pengembang -> Aktifkan USB Debugging.

Saya sarankan Anda juga mengaktifkan USB debugging (pengaturan keamanan) sehingga Anda memiliki 2 USB debugging yang diaktifkan.

Jika muncul peringatan seperti yang ditunjukkan pada gambar atau yang serupa, cukup klik Terima. Kemudian sambungkan ponsel ke PC melalui kabel data (kabel USB).

Sekarang hubungkan ponsel Anda ke PC. Jika Anda mendapatkan notifikasi. Klik OK untuk mengizinkan USB debugging untuk komputer itu.

Sekarang buka prompt perintah di folder alat ADB. Cara: Shift + klik kanan pada folder dan kemudian klik “Open Command Prompt”.

Baca: Profil dan Biodata Jimin BTS Lengkap Dengan Agama

Sekarang Anda perlu memeriksa apakah perangkat Anda terhubung dan ADB dapat mendeteksinya. untuk memeriksanya, masukkan kode berikut di command prompt.

adb devices

Jika Anda melihat baris huruf acak pada prompt perintah, berarti ponsel Anda terhubung. Jika tidak ada pembaruan pada prompt perintah. maka ada masalah dengan koneksi. Telepon Anda mungkin tidak terhubung dengan benar. Atau driver hilang dari PC Anda. Atau mungkin USB debugging tidak diaktifkan di ponsel Anda.

Jika perangkat Anda sekarang terdeteksi. Silakan dan ubah DPI menggunakan perintah berikut. Pada kode berikut, saya mengubah DPI menjadi 560. Ubah nilai DPI sesuai keinginan Anda.

adb shell wm density 560 && adb reboot

Sekarang ponsel kalian akan reboot.

Catatan: Jika Anda ingin mengembalikan nilai DPI default, jalankan perintah yang sama dengan memasukkan nilai DPI default ponsel Anda. Sebelum melakukan perubahan DPI, kami menyarankan Anda untuk mencatat berapa banyak DPI adalah nilai default ponsel Anda.

adb shell wm density 360 && adb reboot

Contoh perubahan tampilan setelah ubah DPI

Selamat, DPI Anda telah berhasil diubah, jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.