Cara Mudah Mengganti IP Address di Windows 7, 8,10 & 11

Cara Mudah Mengganti IP Address di Windows 7, 8,10 & 11 – alamat IP adalah untaian angka yang digunakan sebagai alamat identitas setiap komputer di jaringan.

Ada kalanya Anda perlu mengubah alamat IP pada PC Anda untuk terhubung ke server atau jika Anda ingin mengubah alamat IP untuk tujuan lain. Pada artikel berikut ini saya akan menjelaskan cara mengubah alamat IP pada Windows 7, 8 dan 10.

Mengubah alamat IP secara manual biasanya disebut dengan alamat IP statis, dan untuk alamat IP yang diperoleh secara otomatis dari server dan dapat diubah, disebut alamat IP dinamis. Langsung saja, berikut ini cara mudah mengubah alamat IP di Windows:

A. Cara Mengganti IP Address di PC / Laptop (Manual)

1. Masuk ke menu Control Panel, Anda bisa melalui Run dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik control lalu Enter.

2. Masuk ke menu Network and Internet.

3. Kemudian pilih Network and Sharing.

4. Kemudian klik jaringan WiFi/LAN yang sudah terhubung seperti yang ditunjukkan tanda panah.

5. Kemudian anda pilih Details…

Mengganti IP Address di PC Statis 5

6. Perhatikan bagian Gateway Default IPv4 (192.168.1.1), mungkin berbeda dengan milik Anda. Ingatlah gateway default ini sebelum mengubah alamat IP di laptop/komputer Anda.

Mengganti IP Address di PC Statis 6

7. Kembali ke status Wi-Fi, lalu pilih Properties.

8. Selanjutnya klik 2X Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

9. Masukkan alamat IP yang diinginkan. Saat memasukkan alamat IP, pastikan untuk mencocokkannya dengan gateway default jaringan Anda terlebih dahulu. Misalnya default gateway adalah 192.168.1.1, maka Anda dapat mengubah digit terakhir sesuai dengan angka yang Anda inginkan (dari 2 – 253). Pada contoh di bawah ini, alamat IP yang saya inginkan adalah 192.168.1.10. Untuk subnet mask, default gateway dan DNS server kurang lebih sebagai berikut. Terakhir, pilih OK.

Mengganti IP Address di PC Statis 9

10. Setelah Anda mengubah alamat IP, pastikan itu diatur ke Jenis Akses: Internet sehingga laptop atau komputer Anda tetap terhubung ke Internet.

B. Cara Agar Dapat IP Address Secara Otomatis (Dynamic)

Misalkan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, maka pengaturan IP Anda harus otomatis (dinamis). Untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis, Anda harus terhubung ke PC atau perangkat yang menggunakan layanan DHCP.

Jadi Anda tidak perlu repot untuk mengubah atau mengatur alamat IP secara manual di PC atau laptop Anda. Caranya cukup pilih opsi Obtain an IP address automatically.

Baca: Cari Ambil Uang Di ATM BRI dan Semua Bank Lainnya

Anda sering dapat menemukan layanan DHCP ini di kafe-kafe yang menawarkan hotspot Wi-Fi, atau bahkan di sekolah Anda. Jadi Anda tidak perlu mengatur alamat IP secara manual untuk terhubung ke internet.

Pastikan Anda juga mengetahui dasar-dasar mengubah alamat IP. Sangat disarankan agar Anda memperdalam pengetahuan Anda tentang subnetting (saya akan membuat artikel khusus tentang subnetting di masa mendatang). Jangan sembarangan mengubah alamat IP PC Anda, yang justru akan memutuskan PC Anda dari server atau PC lain. Semoga beruntung!

About the author: felicia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *