Sejarah Perkembangan Gitar dari Masa ke Masa

Sejarah gitar berikut ini tidak sepenuhnya dibahas, hanya sekilas tentang sejarah, jenis dan penemunya. Insyaalah bermanfaat untuk teman-teman yang belum mengetahui sejarah alat musik gitar.

Siapa yang tidak mengenal alat musik gitar? Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan dimainkan pada senar yang dipasang pada bagian yang disebut bridge ke headstock atau kepala gitar. Memang ada banyak alat musik yang menyerupai gitar (memiliki senar), seperti biola, sitar, bass, cello, harpa, dan lain-lain. Tapi disini kita hanya akan membahas tentang gitar ya, karena blog ini hanya membahasnya saja.

Gitar Akustik Natural Body Dreadnougt ORIGINAL Mandalika Include Sertifikat  DL-01 | Shopee Indonesia

Dibandingkan dengan alat musik petik lainnya, gitar memiliki teknik, kesulitan dan keunikan yang tidak dimiliki alat musik lain, yang membuat alat musik ini populer dan dicintai. Namun tahukah anda sejarah gitar hingga saat ini? Tenang bagi yang belum tahu, atau yang ingin tahu lebih lanjut bisa menyimak artikel berikut ini. Bagi anda yang lebih mengetahui tentang sejarah gitar, jangan sungkan untuk menambahkan atau mengoreksi artikel ini dengan berkomentar di bawah.

Umumnya, gitar terbuat dari kayu sedangkan senarnya terbuat dari nilon atau baja. Namun seiring berjalannya waktu, gitar kini terbuat dari polikarbonat.

Pengertian Gitar

Bahasa gitar diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu guitar.
Menurut KBBI 2016, gitar didefinisikan sebagai alat musik yang terbuat dari kayu, seperti biola, berleher panjang, dengan enam senar atau lebih, dimainkan dengan cara dipetik dengan jari.

Perkembangan dari masa ke masa

  • Pada tahun 1500 SM orang Persia mengenal Citar atau sehtar, kemudian Tanbur.
  • Pada tahun 476 SM, alat musik tanbur ini dibawa ke Spanyol oleh orang Romawi, sampai 2 lebih banyak jenis muncul, yaitu Guitarra Morisca (Rhythm Gitar) dan Guitarra Latina (Guitar Chords), ini adalah di mana para penemu dari gitar pertama kali muncul. .
  • Pada tahun 176 SM, bangsa Arab membuat alat musik Al-Ud (alat musik pengiring berupa senar gitar) kemudian membawanya ke Spanyol. Kombinasi Al-Ud dan 2 jenis gitar dari Spanyol membentuk alat musik yang disebut Vihuela.
  • Pada abad ke-16, instrumen Vihuela menjadi sangat populer di Spanyol dan Italia.
  • Kemudian, pada abad ke-17, Vihuela menjadi gitar klasik 5 jalur, menggantikan gitar 6 jalur.
  • Dan pada awal 1800-an, gitar hanya menggunakan 6 senar.

Gitar modern tidak muncul sampai Renaissance, yang memiliki kemiripan dengan alat musik sebelumnya, Vihuela. Ya memang benar kita bahas di atas bahwa gitar dibentuk oleh alat musik bernama Vihuela di Spanyol yang sekarang menjadi negara Spanyol yang konon merupakan tempat lahirnya gitar atau terciptanya gitar.

Mohon maaf jika penjelasan sejarah gitar di atas kurang lengkap akhir kata saya sampaikan terima kasih.

About the author: felicia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *